Kamis, 16 Mei 2013

hidup hemat


HIDUP HEMAT

A.    Pengertian Hidup Hemat

Pernahkah kalian mendengar pepatah yang mengatakan ”Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’”? Seandainya kita melaksanakan pepatah itu dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan mendapatkan manfaatnya.Misalnya setiap hari kalian menyisihkan uang seribu rupiah, seminggu akan terkumpul Rp.7000 dalam satu tahun akan terkumpul Rp.336.000. Maka pada tahun ajaran baru kalian tidak usah merengek pada orang tua untuk membeli sepatu baru yang kalian inginkan. Tapi seandainya uang seribu rupiah kalian jajankan tiap hari, apa yang kalian dapat?Untuk sekedar kenyang pun belum tentu apalagi mendapat makanan yang bergizi.
Memang dalam melakukan hidup hemat kita tidak selalu mendapatkan manfaatnya secara langsung, namun dampaknya akan dirasakan kemudian hari. Seperti kata peribahasa berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.
Hemat adalah hati-hati dalam menggunakan uang, barang, dan sebagainya. Menggunakan sesuatu sesuai dengan keperluan tidak berlebih-lebihan.
Sedangkan kebalikan dari hemat adalah boros, yaitu berlebih-lebihan dalam menggunakan uang, barang dan sebagainya. Boros juga dapat berarti tidak efektif (tepat guna) dan tidak efisien (irit). Siapapun yang memiliki sifat boros tentu dia akan merugi dalam hidupnya. Sering kali kita menemukan orang yang tadinya hidup kaya raya tiba-tiba jatuh miskin karena perusahaannya bangkrut.
Inilah yang akan terjadi jika kita hidup boros. Bisa jatuh miskin.
B. Tips Hidup Hemat

Tentu saja tidak seorangpun yang ingin sengsara dalam hidupnya. Maka agar kita terhindar dari keadaan seperti itu ikutilah tips hidup berikut ini.
a.       Mulailah membiasakan menabung di rumah, di sekolah atau di bank, dan yakinlah kamu bisa dan mampu.
b.      Membuat skala prioritas dan target dalam berbelanja untuk kebutuhan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan
c.       Catatah daftar kebutuhan kamu dengan cara meranking dari yang utama, penting, biasa, dan yang tidak begitu penting
d.      Catatlah seluruh penggunaan uang yang telah kamu belanjakan
e.       Selalu berkonsultasi kepada kedua orang tua di rumah terutama kepada ibu yang sudah berpengalaman bagaimana mengatur pembelanjaan di rumah tangga.
f.       Jika belanja, seleksi sebelum membeli. Pandai-pandailah dalam menawar jika kamu belanja di luar swalayan
g.        Diskusikanlah dengan guru pembimbingmu jika sifat boros kambuh lagi.





2 komentar: